-- --> Skip to main content

Pentingnya Literasi Digital

 

Sungguh miris sekali dua remaja yang membunuh anak SD berumur 11 tahun karena  tergiur ingin kaya instan dengan cara menjual organ tubuh korban tersebut. Dan parahnya hal ini dilakukan karena informasi dari situs dunia maya seperti link dibawah ini.

https://www.kompas.tv/amp/article/366895/videos/modus-2-remaja-culik-dan-bunuh-bocah-sd-untuk-dijual-organ-tubuhnya-imingi-uang-rp50-ribu?page=3

Sangat di sayangkan karena hal tersebut. Yang sangat jauh dari nilai dan norma yang berkaitan dengan kehidupan. Memang media sosial bisa memberikan manfaat terhadap kita namun dunia maya juga bisa menjadi mesin pembunuh yang sangat mematikan seperti contoh diatas.

Dunia maya yang seharusnya diisi dengan hal hal positif malah  terkadang diisi dengan hal hal  yang jauh dari kemanusiaan.

Penting sekali bagi kita untuk menjaga dan memahami isi media sosial agar tidak tergelincir dalam  kemrosotan moral dan kerugiandalam dunia maya.

Salah satu caranya yaitu dengan literasi digital yaitu pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum.

Dengan literasi digital Kita harus memahami betul apa yang ada di dunia maya dan cara menggunakannya dengan bijak. Kita harus memberitahu hal hal tersebut kepada setidaknya keluarga kita atau seorang sekitar kita.

Menurut pemahaman sayas ebenarnya pemerintah juga sudah menggemborkan literasi digital di tiap tiap instasi pemerintah dan civitas akademisi. Namun belum menyasar pada orang orang yang awam terutama di pedesaan   . Karena merekalah sasaran empuk korban keganasan dunia maya yang beringas. Munglin untuk yang tahu info literasi digital untuk khalayak umum bisa di share supaya tidak ada korban dari dunia maya.

Semoga kita semua dijauhkan dari fitnah dunia maya dan fitnah dunia nyata serta fitnah akhirat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar