-- --> Skip to main content

Masa Depan Pendidikan Islam


Pendidikan adalah sebuah proses budaya untuk membentuk karakter guna meningkatkan harkat martabat manusia yang berlangsung sepanjang Hayat. Dari pengertian inilah jelas pendidikan merupakan landasan bagi pembentukan karakter manusia sekaligus karakter sebuah bangsa, Bagaimana perjalanan bangsa menuju masa depannya tergantung dari pendidikan yang diterima oleh “anak-anak kandung” bangsa bersangkutan. Dalam konteks inilah pendidikan akan selalu berkembang dan selalu dihadapkan dengan perubahan zaman.

Pendidikan islam saat ini tengah menghadapi tantangan yang tidak mudah diselesaikan.  pendidikan Islam Tengah menghadapi tantangan modernisasi yang amat cepat satu sisi menciptakan era globalisasi yang menimbulkan pemikiran global dan universal tapi di pihak lain modernisasi menciptakan kumpulan manusia ekstrim dan irasional yang membentuk sekte-sekte sebagai counter productive dari globalisasi. pemikiran dan budaya tadi.

kedepannya Islam yang sesuai acaranya yang modern dan universal harus bisa menyesuaikan konsep pendidikannya yang mengikuti perkembangan zaman. Jika agama Islam mampu menyatukan paradigma sekuler seperti kedokteran dan perbankan dengan paradigma spiritual dalam Islam ke depan harus diupayakan pula agar pendidikan Islam membawa masyarakat Islam ke dalam pikiran dan perilaku yang Humanis dan universal berdasarkan nilai Islam.

dunia pendidikan saat ini membutuhkan konsep dan strategi yang bisa mendidik seluruh aspek kemanusiaan dalam menghadapi tantangan arus budaya dan sosial yang gencar lantaran perkembangan teknologi informasi yang cepat. agama Islam bisa menjadi jawaban dengan landasan moral yang sangat strategis dalam mengembangkan pendidikan Islam di tengah arus informasi global yang tidak memperhatikan nilai kemanusiaan. Bukan malah pendidikan islam justru terpaku diam kolot ketika melihat perkembangan zaman.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar