-- --> Skip to main content

Peran Pemuda Masa Kini

Dalam berkehidupan sehari hari kita tidak bisa dipisahkan oleh remaja. banyak sekali pengertian pemuda diantaranya menurut Mulyana (2011) Definisi pemuda adalah individu yang memiliki karakter dinamis, artinya bisa memiliki karakter yang bergejolak, optimis, dan belum mampu mengendalikan  emosi yang stabil.

            Pemuda mempunyai banyak karakter yang baik diantaranya optimis yaitu  orang yang selalu berpengharapan (berpandagan) baik dalam menghadapi segala hal atau persoalan dan karakter  dinamis yang berarti giat bekerja, tidak  mau tinggal diam, selalu bergerak, dan terus tumbuh. Dia akan terus berusaha secara sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya ke arah yang lebih baik dan lebih maju.

            Dalam hal ini kita tengok pada tahun 1928 dimana para pemuda tidak mau diam karena dijajah sehingga para pemuda giat bekerja dan optimis supaya indonesia merdeka dan akhinya hasil dari kerjaan pemuda adalah Sumpah Pemuda yang menjadi cikal bakal pesatuan bangsa Indonsia.

 

             Namun pemuda memiliki kekurangan diantaranya sedikit yang belum bisa mengendalikan emosi dan juga punya sifat grusa grusu atau gegabah. kita lihat ketika zaman proklamasi dimana para kaum muda gegabah ingin memproklamirkan kemerdekaan Indonesia secepatnya namun kaum tua tidak menyetujuinya karena mereka mempunyai alsan yang harus di pikirkan. 

 

            Banyak sekali kata kata indah yang menitikberatkan pada kaum muda. kita lihat the founding father kita Soekarno yang biasa kita dengar "Beri aku  seribu pmuda maka akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku sepuluh pmuda maka akan kuguncangkan dunia", dan ada juga dalam sebuah maqolah "pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan". kemudian dalam hadits kita disuruh "memanfaatkan masa muda kita sebelum datang masa tua".

            Begitu pentingnya pemuda karena dari segi tenaga pemudalah yang paling juara daripada golongan tua dan juga pemuda lah yang akan menggantikan golongan tua.

            Pada hakekatnya manusia diciptakan oleh allah untuk menjadi pemimpin dibumi. setelah menjadi pemuda kelak pemuda  akan menjadi pemimpin baik untu dirinya sendiri, agama dan negara, untuk itu mari kita tiru hal hal yang baik untuk para pemuda sebelm kita dan mempelajari apa kesalahn pemuda sebelum kita dan juga terus berinovasi untuk menjadi pemimpin untuk dirikita, agama dan negara kita.

            Selamat Hari Sumpah Pemuda.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar