-- --> Skip to main content

Dakwah Lewat Media Sosial


Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi semakin  tidak dibendung. Bahkan perkembangannya ini sudah sangat massif dan hampir tidak bisa dijangkau oleh logika manusia. Inovasi dan kreatifitas yang tinggi merupakan salah satu hal yang memajukan teknologi. 
Contoh perkembangan teknologi paling besar yaikni dalam bidang komunikasi. Di era zaman now seperti sekarang ini tak bisa di pungkiri begitu banyak insan butuh terhadap komunikasi.

Salah satu komunikasi yang sering digunakan manusia adalah media sosial. Banyak sekali hal di dunia ini yang terekspos melalui media sosial sehingga dunia modern menjadi sangat transparan.
Jika dunia semakin transparan pasti akan ada efek baik dan buruk. Untuk menanggulangi hal hal yang buruk kita harus menutupinya dengan hal yang baik. 
Dalam menjalani hidup pasti manusia punya kesalahan. Begitu pula ketika bermain media sosial apa bila ada yang punya kesalahan alangkah baiknya kita memberi kritik saran ataupun solusi. Namun banyak kita jumpai jika ada yang salah kita malah sebaliknya yaitu malah menghujat dan mengolok olok sehingga suasana malah jadi rusuh.
Begitu pula dalam hal pandangan terhadap sesuatu, Manusia satu dengan yang lainnya pasti punya pandangan masing masing. Jika kita sudah beda pandangan kita boleh berargumen dengan orang lain yang berbeda pandangan, supaya argumen kita diterima oleh orang lain.Namun  jika kita  mencaci maki atau menjelekkan. Hal tersebut bukan mendekatkan lawan pandang dengan kita, namun malah membuat jauh. 
Ada sebuah pepatah  “Dekatlah dengan temanmu tapi lebih dekatlah engkau terhadap musuhmu”.  Kita dapat menagmbil pelajaran dari pepatah tersebut seharusnya kita harus mendekati lawan kita sehingga dia mau menerima apa yang kita sampaikan. Bahasa gampangnya kita itu merangkul bukan malah memukul.
Banyak sekali model berdakwah menyampaikan lewat media sosial. Seperti contoh lewat suara kita yang melantunkan sholawat. Mengapa sholawat? Karena sholawat adalah untaian cinta yang tidak akan ada hinaan didalamnya malahan kita malah menghina diri sendiri  dihadapan orang yang kita cinta.
Kemudian yang paling kecil yang bisa kita perbuat adalah share. Namun jangan salah mengeshare sesuatu yang belum jelas sumbernya. Dan unyuk lebih memantapkan lagi kita harus bertabayyun terhadap sumber tersebut. hdr

Ramadhan 1439 H. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar