-- --> Skip to main content

Ramadhan Bulan Suci Penuh Kenangan


                Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa karena pada bulan ini di turunkan alquran dan ada sebuah malam yang begitu baik yang disebut malam lailatul qadar. Sekarang sudah di penghujung ramadhan Dan Idul fitri pun akan datang.

                Seperti kata cak nun "Hatiku was was rasanya yakni khawatir kehilangan orang yang bertaqwa yang bermunculan khusus bulan ramadhan tiba seakan semua makhluk bertaqwa di seluruh negeri, Kota dan desa merayakan tuhan yang maha esa, semua teve masuk islam mall hotel cafe restoran berwajahkan islami,  selama satu bulan tuhan laku keras tak terkirakan lagu lagu qasidah dan lantunan alquran dikumandangkan di setiap ruang, nabi dan rasul ditampilkan di cafe cafe dan para ustadz menari nari dilayar teve. " begitu ungkapan Cak nun tahun lalu tentang indahnya bulan ramadhan.

                Pada diri manusia ada 3 hal yang sangat vital yakni akal, ruh, dan raga. jika dalam satu bulan terakhir kita sungguh sungguh dalam memaksimalkan segala hal, kita sebetulnya sudah menghidupkan tiga hal yang sudah disebut diatas.

                Akal adakah tempat untuk berfikir manusia yang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.  cara untuk menghidupkan akal  adalah dengan ilmu, banyak sekali majelis ilmu yang bermunculan pada bulan ramadhan dibandigkan bulan bulan yang lain, sebetulnya jika kita memaksimalkan majelis ilmu yang ada kita sudah menghidupkan akal.

                Puasa adalah ibadah ekstra yang sanagt menguras tenaga. setiap siang kita raga kita diajarkan untuk bersabar manahan lapar dan dahaga saat bekerja, dan ketika malam tubuh kita disuruh untuk olahraga ekstra yaitu sholat tarawih, witir dan tahajud jika kita memaksimalkan ibadah yang berkaitan dengan raga kita mka kita sudah menghidupkan raga sehat lahiriyah dan batiniyah.

                Ramadhan dapat menambah daya keimanan pada ruh karena amal tanpa iman sia sia. begitu pentingnya iman walaupun akal kita pandai akan ilmu kalau tidak diisi dengan iman maka jadinya keblinger contoh para koruptor, mereka pandai namun kurang iman akhirnya mereka makan uang rakyat. begitu pula raga yang kuat kalau tidak ditambah dengan iman maka seperti orang pesakitan contoh ada oknum yang bodinya tegar kuat tapi rapuh didalam akhirnya beli minum dijalan saat bulan ramdhan.

                demikian sodara sodara mari kita saling mengasihi dan  termasuk orang orang yang dikasihi oleh sang pencipta

                 beberapa hari kedepan akan lebaran saya mohon maaf kalau ada kesalahan kalau boleh minta kritik dan saran semoga orangtuaku dan orang tuamu menjadi besan. aminn.

                Sugeng riyadi lan ampun supe mikirhati.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar