-- --> Skip to main content

Cara Menyampaikan Pendapat

Untuk mencapai sebuah pemikiran yang kita inginkan, kita tidak boleh hanya berfikir sendirian.kita juga butuh pemikiran orang lain untuk mewujudkannya. Baik sebuah pendapat kritikan ataupun saran itu semua harus kita terima untuk instropeksi maupun menambah wawasan pemikiran kita.
Pendapat adalah buah pikiran /anggapan terhadap peristiwa atau keadaan . Dalam hal ini pendapat bisa saja untuk membangun ataupun membuat kita down. Untuk itu kita tidak boleh terlalu senang apabila pencapaian kita di beri tanggapan pendapat yang bagus karena bisa jadi masih banyak celah kesalahan kita yang belum kita ketahui. Dan juga kita  tidak boleh down ataupun syok apabila ada sebuah tanggapan pendapat dari orang lain seperi kritikan yang kadang susah diterima oleh kita bahkan sampai membuat kita sakit hati, melainkan kita malah bersyukur karena seumpama kita ada kecacatan bisa kita ketahui dan instropeksi diri kemudian tinggal kita cari bagaimana cara memperbaiki kecacatan tersebut.
Hal pertama yang harus dan sangat perlu diperhatikan pertama kali adalah tidak menyinggung perasaan orang yang akan kita beri pendapat, Karena esensi memberikan pendapat yaitu supaya apa yang kita sampaikan dapat diterima. Kalau kita menyinggung perasaan dalam berpendapat boro-boro pendapat kita diterima malahan dia tidak menggubris kita karena terlanjur sakit hati karena pendapat kita yang menyinggung.
Juga dalam berpendapat kita harus memberikan manfaat. Kita boleh berpendapat hanya kelemahan dalam pencapaian seseorang namun kita harus mencari bagaimana memperbaiki kelemahan tersebut. Namun zaman now banyak sekali orang yang berpendapat tentang kesalahan seseorang tanpa mencari bagaimana cara memperbaiki kesalahan  tesebut, kalau bahasa jawanya orang tersebut adalah tukang maido.
Memberikan pendapat itu sama halnya dengan berjualan kata-kata. Jika pendapat kita kualitasnya bagus pasti akan laku dan di terima oleh khalayak umum dan apabila kualitas pendapat kita kurang bagus dan tidak diterima itu adalah hal yang biasa. Yang salah yaitu apabila pendapat kita tidak diteria malahan kita marah sambil dan menjelek -jelekkan orang yang tidak sependapat dengan kita.
Terakhir adalah apabila pendapat kita sudah benar tapi dalam penyampaian kita ada kekeliruan sedikit saja baik dalam perkataan ataupun dalam perilaku dapat mengurangi nilai plus tentang pendapat kita.
Semoga kta menjadi orang yang bermanfaat bisa memberikan pendapat tanpa menurunkan martabat.  Dan juga kalau kita ada kesalahan mendapatkan pendapat yang tepat dan selamat. aminn.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar