-- --> Skip to main content

Syarat Mencari Ilmu

Ilmu merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Kemajuan dalam segala aspek dalam dunia ini tidak bisa dilepskan dari  ilmu karena ilmu merupakan hal utama dalam menentukan kemajuan peradaban manusia.
Sering kita mendengar ilmu manfaat dan barokah yang maksud ilmu manfaat yaitu kita paham ilmu  yang kita pelajari dan kita bisa mengamalkannya, dan ilmu barokah yaitu kita kita paham ilmu  yang kita pelajari dan kita bisa mengamalkannya serta kita bisa menularkan apa yang kita pelajari kepada seseorang.
Dalam dunia pesantren saat pertama mondok pasti di ajarkan kitab taklim muta'alim yang mengajarkan pada santri banyak hal tentang lmu salah satunya adalah syarat mencari ilmu yaitu ada enam.
Cerdas merupakan salah satu syarat  mencari ilmu yang pertama. Setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda ada yang cerdas dalam bidang ini ada yang cerdas dala hal itu. namun terkadang kita dipaksa cerdas dalam segala hal,betul atau salah? Memang kita kita pandai dalam satu hal ilmu namun bukan berarti kita harus acuh terhadap ilmu yang lain , setidaknya kalau kita tidak cerdas dalam hal lain kita bisa mengenal ilmu tersebut.
Hal selanjutnya dalam sarat mencari ilmu ialah rajin. Kita harus bersungguh sungguh dalam mendalami ilmu. banyak sekali faktor yang mempengaruhi kerajinan seseorang baik intern yaitu berasal dari sendiri rajin dan ekstern yaitu dari orang tua, teman atau pun orang yang kita cintai atau mungkin dari doi.

Dalam mencari ilmu pasti kita menemukan masalah malah cobaan kita sangat besar maka syarat ilmu selanjutnya ialah sabar,walaupun terkadang kita tidak bisa menahan rasa sabar namun kita harus tetap mencobanya karena kalau kita tidak sabar dalam mencari ilmu maka mungkin kita tidak kerasan dalam mencari ilmu.
syarat selanjutnya adalah perlu biaya. Dalam nadzom alala "seandainya ilmu dapat dijualbelikan maka satu huruf setara dengan seribu dirham". begitu mahalnya ilmu jika satu huruf di samakan dengan seribu dirham. Sehingga semakin banyak kita mengeluarkan biaya maka semangat kita dalam belajar akan bertambah.
Guru merupakan sosok penting dalam mencari ilmu. maka mencari ajaran dari guru merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi para pencari ilmu. dalam naadzom alala malah dijelaskan"saya mendahulukan guruku dan setelahnya baru bapakku karena guru adalah abu ruh dan bapak adalah abu jasad walaupun aku memperoleh kmulyaan dari bapak".
Tidak ada yang instan didunia ini. begiu juga dengan ilmu perlu waktu yang lama untuk menekuninya, kita lihat saja pendidikan dinegara kita kalau kita ingin lulus starta satu saja perlu waktu 16 tahun dari sekolah dasar sampai kuliah.
Semoga kita senantiasa istiqomah dalam mencari ilmu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah untukkita di dunia dan akhirat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar