-- --> Skip to main content

Saling Menghormati Dengan Orang Lain

Islam merupakan agama yang memberikan rahmat seluruh atau biasa disebut dengan rahmatallilalamin. Salah satu ajaran rahmatallilalamin yaitu kasih sayang dengan cara saling menghormati. Dalam Kitab nashoihul ibad kita dianjurkan untuk menghormati para ulama pemerintah, tetangga, sanak saudara dan keluarga. mengapa kitaharus menghormati orang orang tersebut?.

Ulama ialah orang orang alim atau pandai dalam agama.Ulama merupaka seseorang yang sangat vital dalam agama karena ulama merupakan penerus ajaran ajaran nabi. Menghormati ulama merupakan hal sangat penting karena ditangan ulama adalah sumber syariat. Adakalanya dalam memberikan arahan ulama berbeda beda hal itu merupakan hal yang wajar, namun zaman ini ada oknum oknum yang membenturkan ulama satu dengan yang lainnya sehingga mengakibatkan kegaduhan bahkan permusuhan. Hal tersebut merupaka hal yang salah jika ada ulama yang tidak sesuai dengan kita, maka harus menghormati selagi ulama itu memberikan ajaran yang baik dan tentram tanpa membuat kegaduhan baik untuk agama maupun negara.

Setiap negara pasti mempunyai pemerintahan  yang mana setiap pemimpinnya terus berganti dari golongan tua ke golongan muda.  para pemipin mempunyai karakteristik yang berbeda beda dalam dirinya. Dan juga banyak orang yang kurang puas terhadap kinerjanya.Kita tidak boleh langsung mencela melainkan kita harus menghormati pemerintah karena ditangan pemerintah adalah ketertiban dunia. apabila tidak ada pemeintah di dunia ini mungkin hukum rimba akan berlaku dan seluruh tatanan akan bobrok.

Tetangga merupakan salah satu orang yang sangat penting di sekitar kita. bagaimana tidak ketika kita sedang membutuhkan sesuatu yang sangat mepet pasti kita akan meminta orang yang dekat dengan orang kita yaitu tetangga.Bahkan dalam hadits kitauntuk selalu menjalin silaurrahmi sengan tetangga. Untuk itu menjalin silaturrami dan menghormati tetangga sangat penting karena tetangga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu kita.

Banyak sekali keindahan dunia ini yang diberikan oleh Allah salah satunya ialah Kasih sayang yang merupakan hal pokok bagi manusia. tanpa kasih sayang mungkin kita tidak akan hidup di dunia ini. Seandainya saja ketika kita baru lahir di dunia ini dan kita tidak mendapatkan kasih sayang seorang ibu dan keluaga kita akan di telantarkan dan dibuang atau mungkin jadi tarsan. Bgitu pula kenakalan remaja saat ini karena salah satu faktornya hal tersebut ialah minimnya perhatian dari keluarga maupun sanak saudara dalam kasih sayang. Untuk itu kita harus menghormati keluaraga dan sanak keluaraga karena mereka mempunyai keindahan dunia yaitu kasih sayang yang senantiasa diberikan kepada kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar