-- --> Skip to main content

Nabi Muhammad Pembaharu Peradaban

 

Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad telah membawa bangsa Arab yang semula terbelakang, bodoh, tidak terkenal, dan di abaikan oleh bangsa-bangsa lain, menjadi bangsa yang maju. Ia dengan cepat bergerak mengembangkan dunia, membina satu kebudayaan, dan peradaban yang sangat penting artinya dalam sejarah manusia hingga sekarang bahkan kemajuan barat pada mulanya bersumber dari peradaban Islam yang masuk ke Eropa melalui Spanyol.

Islam memang berbeda dari agama-agama lain. H.A.R. Gibb dalam bukunya Whither Islam menyatakan “Islam is indeed much more than a system of theology, it is a complete Civilization” (Islam sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama. Ia adalah suatu peradaban yang sempurna). karena yang menjadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya kebudayaan adalah agama Islam, kebudayaan yang ditimbulkannya dinamakan kebudayaan atau peradaban Islam

Rasulullah sebagai penyebar islam telah membangun awal peradaban yang akan berkembang sampai sekarang. Seorang penulis barat berkebangsaan Amerika Serikat, Michael H.Hart menulis dalam bukunya“Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah” bahwa manusia paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia ialah Muhammad SAW.Bukan tanpa alasan ia menjatuhkan pilihan tersebut kepada Muhammad SAW diperingkat pertama,alasan yang paling mendasar ialah,disamping Muhammad SAW seorang pemuka agama,beliau juga merupakan seorang pemimpin negara yang terampil dan ahli berdiplomasi. diembannya,Nabi Muhammad SAW menggunakan diplomasi sebagai cara untuk proses islamisasi. Hal tersebut (diplomasi atau politik) merupakan bagian dari metode dakwah Nabi Muhammad SAW.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar