-- --> Skip to main content

KH Abdurrahman Munadi Cinta Tanah Air

Pesarean KH Abdurrahman Munadi




Kh Abdurrahman Munadi merupakan sosok yang masyhur di sekitar kecamatan gubug kabupapaten grobogan.

Beliau dilahirkan di dusun polaman kurang lebih 3 KM dari pertigaan gubug sekarang. 

Mengenai profil beliau pernah saya ketik ulang dengan bahasa jawa. Sumber yang saya ambil dari buku karangan habib Husein Alhindwan ngroto tahun 2001 persis 1 abad haul KH Abdurrahman Munadi.

 Sejarah singkat KH Abdurrahman Munadi

Dalam buku tersebut ada sebuah karomah Mbh Munadi yaitu berdoa kepada Allah supaya wabah di daearah Gubug berhenti. Jadi ceritanya begini 

Pada suatu masa. Di daerah gubug ada sebuah wabah (pagebluk). Sore sakit pagi nya meninggal, pagi sakit sorenya meninggal. Menurut saya ini merupakan wabah kolera karena pada tahun 1800 an sampai awal 1900 an penyakit yang terjadi yaitu kolera dimana wabah ini pertama muncul di pulau jawa tahun 1848 -1853. Kembali ke cerita. 

Kemudian wedono ( pemimpin wilayah administrasi kepemerintahan yang berada di bawah kabupaten dan di atas kecamatan yang berlaku pada masa Hindia Belanda) Gubug Hadiprojo meminta barokah doa kepada Mbh Munadi supaya pagebluk(wabah ) tersebut supaya hilang. Mbh Munadi mau mendoakan namun dengan syarat supaya wedono hadiprojo harus taat kepada Allah serta membuat bancaan onde onde dan kue lapis warna merah putih merah putih. Kemudian Mbh Munadi berkata, yen besuk wong-wong Jowo (Indonesia) biso dadi siji koyo wijen iki, mengko bakale dadi iki (maksude bendera merah putih), kalau dalam bahasa indonesia "jikalau besok orang jawa (Indonesia) bisa bersatu seperti wijen yang ada di indonesia ini maka akan menjadi seperti ini yaitu kue lapis warna merah putih maksud nya memperoleh kemerdekaan. Satelah itu pagebluk selesai dan wedono hadiprojo taat kepada Allah. 

Dari cerita di atas bisa diambil hikmah yaitu mbh munadi telah mencetuskan ukhuwah atau persatuan dan kesatuan supaya bangsa ini merdeka dari penjajahan dan dapat disimpulkan bahwa mbh Munadi cinta tanah air.

Satu hal lagi berkaitan dengan warna merah putih pada kue lapis. Secara tak langsung juga mbh munadi mengetahui bendera indonesia berwarna dasar merah putih. Walaupun jika dalam kue lapis merah putih saling bersilangan seperri bendera majapahit.

Wallahu A'lam

ربى فانفعنا ببركتهم واهدنا الحسنى بحرمتهم


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar