-- --> Skip to main content

Harapan Dan Ketakutan

Harapan (Raja’) adalah adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan sebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Sedangkan Ketakutan (khauf) adalah rasa cemas dan takut pada suatu hal.

Hubungan antara keduanya ini sangat penting dan tidak bisa dipisahkan, apabila hanya ketakutan saja yang ada kita akan takut berubah dan menerima pembaharuan dan ini sangat berbahaya padahal Allah SWT memiliki sifat pengampun dan Allah juga melarang untuk berputus asa atas rahmatnya. kemudian jika sikap harapan saja, mengakibatkan kita terlalu menyepelekan dan menganggap enteng dalam melakukan sesuatu, dan ini sangat berbahaya apabila terus dilakukan.

Kemudian bagaimana kita melihat Harapan (Raja’) dan ketakutan (Khauf) ?

Cara kita melihat harapan atau raja dari kepada allaah yaitu dengan melihat apa yang diberikan Allah kepada kita seperti nikmat kehidupan bagaimana kiranya kita diciptakan sebagai manusia. Memberi manfaat, dan menjauhkan dari marabahaya ketika kita berada dalam perut ibu.

Kalau sudah begitu kita akan mengharap harap rahmat dari allah. Dan tidak akan putus asa dari rahmatnya allah. Walaupun kita adalah tempatnya dosa.

Dan apabila kita ingin allah membuka pintu khauf atau ketakutan kepada kita yaitu dengan menghadirkan pada kita apa yang trlah kita lakukan kepada allah, seperti maksiat dan suul adab kepada kepada allah maka ketika kita melihat sikap kita yang jelek tadi maka akan timbullah rasa takut kepada allah.

Jika kedua sikap ini sudah berimbang maka kita tidak akan lagi yang namanya berputus asa dan selalu berharap kepada Rahmat Allah walaupun banyak diluputi dosa dan mulai melakukan perbaikan sedikit demi sedikit untuk takut melakukan apa yang semestinya tidak dilakukan. Jika sudah begitu maka kita akan terus mengalami peningkatan (irtiqo’) dalam hal spiritual.

Ada sebuah munajat dari Abu Nuwwas.

 

Jika aku pikir pikir dosaku sangat lah banyak.

Dan rahmat tuhanku dari pada dosaku lebih banyak.

Dan tidak ada amal baik yang bisa aku banggakan.

Tetapi dengan rahmat tuhanku aku meminta harapan. 

 

 


 



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar